Tempatnya Berbagi Informasi Bermanfaat

Tips Membeli Ponsel Android Bekas Yang Benar Dan Aman



Ads by Google



Ads by Google



Facesiana.com - Tips Membeli Ponsel Android Bekas Yang Benar Dan Aman - Sebagian orang  merasa aman jika membeli Smartphone yang baru dan sebagian orang untung untuk membeli smartphone yang bekas (second).Membeli smartphone yang baru pasti akan memerlukan dana yang banyak dan minim resiko,sedangkan membeli smartphone bekas(second) lebih membutuhkan dana yang lebih hemat dan menguntungkan,asalkan mengikuti panduan dibawah ini.


Tips Membeli Ponsel Android Bekas Yang Benar Dan Aman
Tips Membeli Ponsel Android Bekas Yang Benar Dan Aman


Berikut Tips Ampuh Membeli Ponsel Android Bekas Yang Benar Dan Aman

1.Periksa Kelengkapannya

Kami menyarankan Anda untuk membeli smartphone bekas(second) dengan kondisi yang lengkap.Artinya,smartphone yang Anda beli masih lengkap dengan Box smartphone,Buku Garansi,Charger,Buku Manual (Manual Book) dan Aksessoris lainnya.

Jangan lupa untuk mengecek serial number yang berada di smartphone Anda dengan Boxnya,dengan maksud kalau Boxnya itu memang asli dari smartphonenya.Smartphone dengan kelengkapan Original(Asli) lebih menyakinkan dan memuaskan bukan?

2.Periksa Bodi dan Tombol

Memeriksa bodi smartphone tidak memperlukan keahlian khusus,yang penting lakukan dengan Teliti dan Cermat.Jika Anda adalah tipe orang yang perfeksionis,pasti lecet sedikit di smartphone dapat mengurungkan niat Anda untuk membelinya.

Jika ada lecet dibagian tertentu misalnya pada Casing,Anda masih dapat menggantinya dengan membeli Casing yang baru.Tetapi jika ada lecet di smartphone yang Unibody seperti Iphone,pasti sangat tidak kompromi.Pasalnya,biaya penggantian Unibody Iphone dapat membutuhkan biaya sekitar Rp500.000,00.

3.Periksa Kondisi Layar

Setelah memeriksa kondisi Bodi dan Tombol,selanjutnya Anda perlu memeriksa kondisi layarnya.Karena layar pada smartphone adalah bagian yang cukup sering terkena lecet meskipun smartphone tersebut sudah menggunakan pelindung layar Gorilla Glass.

Anda juga perlu memperiksa responsitivitas layar smartphone dalam menerima sentuhan pada layar.Aplikasi seperti Multitouch Tester dan Multitouch Tester yang dapat anda download di Playstore.

4.Periksa Suara Speaker

Setiap smartphone pasti memiliki dua jenis speaker,yakni Speaker untuk Musik dan Menelpon.Pastikan kedua speaker tersebut dalam keadaan yang baik.

5.Periksa Konektivitas

Beberapa konektivitas yang wajib Anda miliki,yakni Bluetooth,WiFi dan NFC.Menguji Bluetooth dapat Anda coba dengan mengirim File ke smartphone teman Anda yang juga menggunakan Bluetooth.

6.Periksa Port dan Slot Yang Tersedia

Periksa seluruh port dan slot yang ada pada smartphone Anda seperti,Port Charger,Port Jack Audio,slot SimCard dan slot MicroSD.Pastikan semua port dan slot dalam keadaan yang Baik.

7.Memeriksa Keadaan Kamera dan Keadaan Baterai

Selain memeriksanya dengan Memotret Foto,Anda juga harus memastikan memeriksanya dengan cara memotret pada objek dalam keadaan gelap (Anda dapat menempelkan kamera pada Tangan Anda).Jika hasilnya gelap pekat,dapat dipastikan kamera dalam kedaan normal.

Namun jika berwarna keungu-unguan dapat dipastikan kamera smartphone dalam kondisi yang tidak normal.Anda juga perlu memeriksa fungsi AutoFocus dan Flash apakah berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Membeli smartphone baru saja terkadang terjadi masalah,apalagi membeli smartphone 
bekas (second).Karenanya,meski terasa cukup repot melakukan beberapa pemeriksa seperti yang sudah saya jelaskan diatas adalah hal yang keharusan.




Tag : Tutorial, Umum
0 Komentar untuk "Tips Membeli Ponsel Android Bekas Yang Benar Dan Aman"

Back To Top