Tempatnya Berbagi Informasi Bermanfaat

Cara Lengkap Membuat Paspor Dan Visa Online Terbaru



Ads by Google



Ads by Google



Facesiana.com - Berikut ini merupakan Prosedur Atau Cara Kompleks/ Lengkap membuat paspor dan Visa secara online. Membuat paspor dan  visa mungkin sebagian orang menganggapnya itu sulit, padahal kalau kita pahami dengan baik prosedur dan syarat-syarat pembuatan paspor dan visa sendiri cukup mudah. Note : Prosedur pembuatan paspor online ini merupakan pengalaman dari blogger langsung yang menuliskan di website www.maxmanroe.com. 

Proses pembuatan paspor
Paspor And Visa Via www.google.com


Jadi disini saya akan memberikan panduan singkat saja untuk membuat paspor dan Visa. Paspor atau lebih dikenal identitas diri kita dari suatu Negara memang sangat diperlukan kalau kita ingin pergi ke Luar Negeri misalnya saja berlibur ke Malaysia atupun ke Australia tentu saja memerlukan paspor untuk identitas diri secara Global.

Banyak sekali cara untuk membuat paspor yang ada diinternet, salah satu cara kalau anda benar-benar malas yaitu dengan menggunakan jasa Calo sendiri. Memang kalau menggunakan Jasa calo sendiri pembuatan paspor akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan membuat sendiri secara langsung.

Pembuatan Paspor ini sebenarnya sangat mudah yaitu dengan cara datang langsung ke kantor Imigrasi sesuai dengan alamat KTP yang anda miliki, jadi kalau tidak dilakukan langsung di daerah sesuai dengan alamat KTP anda saya rasa untuk membuat paspor ini juga akan dipersulit. Nah untuk biayanya sendiri ditahun 2012 masih sekitar Rp.225.000 untuk pembuatan paspor.

Mungkin ditahun ini ada kenaikan harga atau malah ada penurunan harga. Silahkan anda pastikan sendiri dengan datang langsung ke kantor Imigrasi yang terdekat didaerah anda.

Nah sahabat Facesiana, disini kita akan mencoba untuk membuat paspor secara online, dengan cara ini ada beberapa persyaratan pembuatan paspor yang benar-benar harus anda miliki.
  • Fotocopy KTP
  • Copy Kartu Keluarga
  • Copy Ijazah/ Akte Kelahiran/ Atau dokumen pendukung lainnya.

I. Langkah-langkah Lengkap Pembuatan Paspor


1. Langkah pertama anda wajib menyiapkan beberapa data penting yang sudah saya sebutkan diatas, mulai dari KTP, kemudian Kartu Keluarga dan juga Ijazah atapun akte kelahiran. Anda bisa melakukan scan terlebih dahulu dokumen-dokumen penting yang sudah anda siapkan karena ini menggunakan cara online maka dokumen harus discan dengan warna Hitam Putih. Untuk hasil yang berwarna tidak akan diterima.

2. Langkah berikutnya anda bisa masuk ke situs Ditjen Imigrasi Indonesia yaitu www.imigrasi.go.id kemudian setelah itu anda akan melihat tampilan website seperti gambar dibawah ini, Klik dibagian pojok atas dibagian Layanan Publik > Layanan Online > Layanan Paspor Online. Setelah itu anda akan diarahkan ke sebuah halaman baru yang nantinya akan seperti dibawah ini.

Tahap pembuatan paspor via manmanroe.com
Update Tampilan Baru Website :




3. Ada beberapa menu pilihan yang ada dimenu baru tersebut, karena tujuan anda untuk membuat sebuah paspor maka anda bisa langsung klik pada Pra Permohonan Personal. Lihat terlebih dahulu halaman dibawah ini.

tahap Pra Permohonan Via Maxmanroe.com


4. Langkah berikutnya adalah langkah pengisian Formulir secara online, disini anda harus mengisi data diri anda secara lengkap. pada kolom " Jenis Permohonan " pilh yang paspor biasa sesuai dengan kebutuhan anda, Kemudian pada bagian " Jenis paspor " Pilih yang 48H Perorangan, Jenis paspor 48H merupakan paspor UMUM untuk pengguna perorangan. Kemudian untuk jenis paspor 24H merupakan paspor Khusus untuk kebutuhan lain misalnya saja umroh atau untuk keperluan tenaga kerja dari indonesia (TKI) dengan masa berlaku 3 tahun saja. Kemudian pada bagian Formulir identitas diri isi dengan identitas anda yang lengkap sesuai dengan KTP. Kemudian jika formulir sudah cukup benar untuk itu periksa terlebih dahulu. Dan jika sudah langsung klik " Lanjut"

Tahap Pemilihan Jenis Paspor Dan Pengisian Identitas Diri Via Maxmanroe.com


5. Langkah berikutnya anda akan disuruh untuk upload data lengkap anda yang sudah anda scan tadi mulai dari KTP, Kemudian KK, dan juga Data pendukung Bisa Ijazah atau akte kelahiran. Ingat untuk urutannnya sendiri yaitu Copy KTP, kemudian Copy Kartu Keluarga dan Copy Ijazah atau Akte kelahiran pilih salah satu. Total upload ada 3 Dokumen yang semuanya dalam bentuk Image Format JPG. Pastikan semua warnanya Hitam putih yah. Dan ingat Urutan Uploadnya dari KTP, KK, Dokumen lain ( Ijazah atau Akte Kelahiran ). Setelah itu anda bisa menekan tombol " Lanjut " untuk proses berikutnya.

Tahap Upload Dokumen via Maxmanroe.com


6. Pada halaman berikutnya anda bisa memilih kantor Imigrasi yang sesuai dengan tempat anda atau tidak terlalu jauh dan perhatikan juga untuk tanggal pengurusannya sendiri, kalau bisa pilih yang paling cepat. Catatan : Pilih kantor Imigrasi yang benar sehingga proses pengurusan paspor berikutnya tidak terlalu sulit. Setelah itu klik tombol " Lanjut " untuk proses berikutnya.

Tahap Pemilihan Kantor Imigrasi Dan tanggal via Maxmanroe.com


7. Langkah berikutnya adalah langkah verifikasi, hal ini bertujuan untuk mengetahui bahwa anda benar-benar manusia bukan mesin Bot internet, untuk itu ketikan angka dan huruf yang sesuai dengan gambar yang diberikan. Klik Ok untuk melanjutkan.

Tahap Verifikasi via Maxmanroe.com


8. Pada halaman berikutnya akan ada Halaman informasi, maka klik pada menu Bukti permohonan, Bukti permohonan ini merupakan laporan Pra Permohonan anda. Ambil dan Print Pra Permohonan tersebut dan bawa ke kantor Imigrasi yang sudah anda tetapkan tadi sesuai dengan tanggal yang sudah anda pilih.


Tahap Download Bukti Formulir via Maxmanroe.com


II. Proses Verifikasi Data, Foto, Dan Wawancara & Pembayaran


Yang pertama yaitu mulai dari proses pembayaran terlebih dahulu, untuk saat ini pembayaran paspor online menggunakan bank BNI. Bawa bukti Pra Permohonan yang sudah anda print tadi sebagai tanda bukti bawa anda sudah melakukan pengisian data dengan benar, jangan sampai lebih dari tanggal yang sudah anda pilih, jika lebih maka pra permohonan akan hangus dan anda harus melakukan submit ulang kembali.

Apa bedanya mengisi secara online dan manual toh kita juga datang ke Kantor Imigrasi. Ada keuntungannya sendiri kalau anda melakuan pengisian dan permohonan secara online yakni anda tidak perlu datang sampai berkali-kali ke kantor Imigrasi, Anda hanya perlu datang sebanyak 2 kali.

Yaitu proses Verifikasi Data, Foto dan wawancara, kemudian yang kedua yaitu pengambilan Paspor itu sendiri. Berbeda dengan cara manual yaitu dilakukan 3 kali. Pengajuan permohonan, kemudian kembali lagi untuk verifikas data, foto, dan wawancara dan ketiga pengambilan paspor.

Tahap Pertama :

Ketika anda datang ke kantor Imigrasi jangan lupa sebelumnya anda sudah menyiapkan dan membawa beberapa dokumen penting yang digunakan untuk pengisian data. Dokumen asli seperti KTP, kemudian Kartu Keluarga dan juga Akte Kelahiran atau Ijazah sebagai dokumen pendukung lainnya, Ingat data ini sesuai dengan pra permohonan yang sudah anda submit sebelumnya saat pendaftaran Online.

Tahap Kedua :

Ditahap ini yaitu proses untuk verifikasi data dan lain-lain, maka datanglah lebih awal mungkin bisa jam 6 pago tergantung kapan waktu dibuka kantor Imigrasi di daerah anda. Ini bertujuan agar anda bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat karena bisa jadi kalau anda datang terlalu siang antrian akan terlalu panjang dan menyebabkan proses verifikasi menjadi lebih lama. Kemudian anda tidak usah mengambil atau sewaktu diberi Formulir tidak usah diambil. Cukup ambil Nomor Antrian saja dan langsung menuju ke Loket sesuai dengan nomor panggilan anda.

Tahap Ketiga :

Pada tahap ini anda akan dibawa ke ruangan lain untuk diambil Foto dan juga wawancara, saya menyarankan anda menggunakan Kemeja agar terlihat lebih rapi dan semakin dipercaya, Ingat dalam wawancara utarakan dengan jelas seperti apa pertanyaan dari pihak Imigrasi sendiri.anda akan mendapatkan informasi kapan Paspor anda bsia ambil, untuk pengambilan sendiri jangan terlalu lama, banyak khasus paspor digunting atau dimusnahkan karena tidak segera diambil oleh pemohonnnya.

III. Proses Pengambilan Paspor Anda


Untuk proses pengambilan paspor ini tidak usah terlalu terburu-buru karena lebih santai sifatnya, anda bisa datang ke kantor Imigrasi dengan membawa kuintansi pembayaran dan juga bukti pengambilan paspor. Setelah sampai di kantor Imigrasi anda langsung menuju loket dan menunggu dipanggil setelah itu anda akan mendapatkan paspor milik anda pribadi. proses pengambilan paspor ini  biasanya selama 3 hari setelah proses verifikasi data dan wawancara.

Nah itulah beberapa cara prosedur lengkap dan kompleks untuk pembuatan paspor secara online, bagaimana dengan pembuatan Visa sendiri apakah lebih mudah ? Mari simak ulasannya dibawah ini.

Langkah-langkah dan Prosedur Lengkap Pembuatan Visa

Cara Lengkap Membuat Paspor Dan Visa Online Terbaru
Tahap Pembuatan Visa via Blogspot.com
 

Tahap Pertama  :

Anda bisa datang terlebih dahulu ke kantor Imigrasi sesuai dengan kota atau daerah anda, saya menyarankan untuk datang di kantor dimana anda membuat Paspor dulu., Yaitu sesuai dengan alamat yang ada di KTP anda. Untuk persyaratan pembuatan VISA sendiri ada beberapa yang harus wajib anda bawa misalnya saja seperti :

  • Paspor dengan masa berlaku kurang lebih selama 6 bulan
  • Kemudian Foto ukuran 4 x 6 cm berwarna dan juga terbaru
  • Surat sponsor dari perusahaan tempat kerja ( Optional )
  • Salinan SIUP dan NPWP
  • Bagi anak yang masih sekolah mungkin bisa menggunakan KIA kartu anak yang sekarang sudah diresmikan oleh pemerintah Indonesia
  • Bukti Keuangan salama 3 bulan terakhir
  • Bila anda memiliki saudara ataupun anak yang ada diluar Negeri anda harus mencantumkan bukti-bukti dokumen yang jelas seperti ( Akte Kelahiran, Akte Nikah ataupun surat Ganti nama ) , salinan kartu pelajar atau paspor orang yang akan dikunjungi.
  • Pemohon dengan umur diatas 70 Tahunan harus mendapatkan asuransi kesehatan dan kondisi badan yang benar-benar masih sehat dan juga surat keterangan sehat dari dokter yang nantinya akan ditunjukan kedutaan.
  •  Surat undangan dari Australia jika ada beberapa rangka kegiatan bisnis

Tahap Kedua :

Setelah anda menuyiapkan seluruh dokumen yang sudah ada anda tinggal mengambil Formulir dan membelinya yang ada dibagian loket Formulir, isi formulir tersebut dengan lengkap sesuai dengan identitas anda. jika kebingungan dalam pengisian Formulir anda bisa meminta bantuan dari pihak Kantor yang melayani.

Tahap Ketiga :

Serahkan Formulir yang sudah anda isi dan beberapa surat dokumen permohonan di loket pendaftaran, saran dari saya setiap dokumen persyaratan diatas bisa anda Fotocopy terlebih dahulu siapa tahu dibutuhkan. karena jika anda harus meninggalkan Kantor bisa jadi anda akan mengantrik kembali.

Tahap Keempat :

Jika Nomor antrian anda masih lama maka Tahap foto atapun pengambilan  sidik jari  bisa anda lakukan dihari berikutnya, jika hanya selang beberapa nomor antrian saja maka anda harus menunggunya.

Tahap Kelima :

Setelah tahap Foto dan pengambilan sidik jari sudah selesai anda akan langsung ke tahap wawancara, di tahap wawancara ini jawab sesuai dengan keperluan anda. Dan jika sudah anda akan disuruh untuk membayar visa dan menandatangi beberapa surat Visa anda serta  pihak Kantor Imigrasi akan memberikan jadwal kapan anda bisa mengambil Visa anda.

Tahap Terakhir :

Tahap ini adalah tahap pengambilan Visa, bisanya hanya sekitar beberapa hari saja setelah proses wawancara, Untuk pengambilan visa sama seperti dengan pengambilan paspor tidak perlu terburu-buru karena anda sudah selesai dan tinggal mengambil saja.

Itulah beberapa informasi mengenai proses kompleks pembuatan Paspor Online dan Visa terbaru yang bisa anda coba. Jika ada kekurangan dari artikel ini mohon dimafaatkan. Dan jika anda merasa kurang jelas dengan artikel yang kami ulas silahkan berikan komentar anda dibawah ini. Terimakasih.

Thanks For : Maxmanroe.com



Tag : Tutorial
0 Komentar untuk "Cara Lengkap Membuat Paspor Dan Visa Online Terbaru "

Back To Top