Tempatnya Berbagi Informasi Bermanfaat

7 Cara Memilih Domain Yang SEO Di Mesin Pencari Google



Ads by Google



Ads by Google



Trading Blog - Banyak Cara memilih nama domain yang kita minati untuk kita gunakan dalam pembuatan website atau blog baru, Namun susahnya pada saat kita memilih nama domain yang pas dan cocok untuk kita gunakan. 

7 Cara Memilih Domain Yang SEO Di Mesin Pencari Google

Selalu ada masalah pada saat memilih domain yang baik untuk situs kita, biasanya karena bingung ingin nama seperti apa dan juga bingung karena tidak tahu mau seperti apa nanti jadinya. 

Kebanyakan dari orang-orang yang bergelut dalam dunia Blogging lebih suka menggunakan nama Pribadi untuk membuat nama domain Blognya sendiri, Itu wajar-wajar saja, mungkin mereka lebih ingin  menandakan bahwa itu benar-benar blognya. 

Nah pada kesempatan kali ini di Blog baru saya ini ingin memberikan beberapa Tips kepada kalian sebagai seorang blogger baru maupun blogger lama yang ingin mengganti subdomain Blog gratisan menggunakan Custom Domain ( TLD : Top Level Domain ). 

Memilih nama domain tentu tidak semudah yang kalian bayangkan, banyak sekali pertimbangan kusus yang nantinya muncul sebelum kalian memilih nama domain. Diantaranya seperti apakah Nama domain yang sudah kalian pilih ini bisa SEO di Mesin pencari ? 

Apakah nama domain tersebut bisa menjadi pesaing Berat untuk blog-blog yang sudah tenar, dan apakah Nama domain yang kalian pilih bisa menjadi Terkenal dan mudah untuk di ingat para pengguna internet ? 

Nah itu masalah yang harus kalian pikirkan terlebih dahulu sebelum berniat membuat domain Blog.

Nah sebelum kita melangkah ke pembahasan lebih baik kita baca terlebih dahulu pengertian Domain blog dibawah ini :

Domain adalah sebuah server unik yang paling sering digunakan para blogger untuk membuat sebuah Insitusi di jaringan Komputer atau seperti email server yang di opersikan Lewat Internet. Fungsi domain ini yaitu untuk mempermudah para pengguna internet untuk masuk ke server yang berguna menemukan Informasi di internet. Ini di terapkan agar pengguna lebih mudah dalam mengenali setiap server yang di kunjungi dari pada harus menghafalkan sejumlah deretan angka atau biasa kita kenal dengan istilah IP ADDRESS. Biasanya nama domain ini sering kali di sebut dengan URL atau alamat website

Berikut ini beberapa Tips untuk memilih nama domain yang baik dan tepat untuk blog anda :

1. Pilih Nama Domain yang mudah Untuk Di Ingat

Yang pertama yaitu dengan memilih nama domain yang mudah untuk di ingat setiap pengunjung blog anda, jangan terlalu panjang dan jangan pendek namun menggunakan huruf yang susah untuk di ingat. 

Beberapa contoh di bawah ini mungkin bisa memberikan gambaran kepada anda semua. Misalnya saja contoh domain yang mudah untuk di ingat : pasangmata.com | ataupun Domain yang mudah untuk di ketikan di serp google sendiri. Pada dasarnya domain yang mudah di ingat memberikan keuntungan sendiri untuk para pemiliknya yang mana tentunya semua pengunjung jika ingin berjalan-jalan di blog kalian lebih mudah dan tidak kesusahan dalam mengetikan di Kolom address. 

Kemudian satu contoh untuk domain pendek namun tidak mudah untuk di ingat : propeller.com. Ini contoh domain pendek yang menurut saya pertama kali memang mengetahui nama domain ini, namun untuk kunjungan kedua kali saya yakin penggguna sedikit kesusahan. Kerena ada 2 Huruf ganda yang peletakannya juga membuat bingung pengguna baru. 

Dari kedua pemilihan domain panjang dan pendek itu sebenarnya tergantung kata yang digunakan, panjang namun menggunakan kata-kata yang mudah di ingat itu lebih bagus dari pada pendek namun sulit untuk di ingat. Nah kalau kalian ingin membuat sebuah blog pribadi mungkin kalian bisa menggunakan nama kalian, namun kalau untuk bisnis bisa membuat nama domain sesuai dengan nama bisnis anda.

2.  Sesuaikan dengan Brand Dan Bisnis anda

Banyak sekali blogger yang memilih menggunakan nama domain yang terkadang berbeda dengan nama bisnis yang sedang di jalankannya. biasanya ini karena merek ingin terlihat lebih berbeda. Tapi kalau di lihat dari aspek tingkat kepopuleran dan juga kepercayaan dari pengguna internet lebih baik anda menggunakan nama bisnis  anda untuk membuat nama domain, sehingga semakin selearas dan orang lebih mudah menemukan bisnis anda di internet.

Kemudian yang kedua anda juga bisa menggunakan nama domain pribadi jika memang itu perlu untuk menunjukan bahwa anda pemilik dari blog tersebut.

3. Gunakan TLD ( Top Level Domain )

Kemudian yang kedua yaitu dengan menggunakan domain dengan custom domain yang paling sering digunakan para blogger baru, misalnya saja COM, NET, ORG, ID dan masih banyak lagi ekstensi Domain yang tersedia, sering kali saya menemukan nama domain dengan berbagai keunikan sendiri yang mana biasanya penyedia domain sudah memberikan beberapa pilhan yang di sesuaikan dengan kategori blog.

4. Gunakan Nama domain yang tingkat persaingannya rendah]

Kemudian kalau kalian ingin memilih nama domain, misalnya saja anda memilih nama domain sesuai dengan nama bisnis anda. misalnya saja disini saya mengambil contoh bisnis anda sebagai bisnis jasa artikel. maka bisa dipastikan anda akan membuat nama domain yang sesuai dengan bisnis yang anda jalani. Misalnya saja :jasaartikel.com | kontenartikel.com. 

kalau saya menilai sudah cukup baik dan tepat karena berkaitan dengan Nilai klik di mesin pencari, namun kita lihat lagi jumlah persaingan yang ada. apakah Blog kamu sudah cukup populer untuk muncul di halaman pertama ? Itu yang harus kalian pikirkan terlebih dahulu. Coba lihat dibawah ini :

7 Cara Memilih Domain Yang SEO Di Mesin Pencari Google


Dilihat dari hasil pencarian menggunakan JASA ARTIKEL tentu anda akan kalah dengan berbagai Iklan yang ada dan juga dri website yang sudah populer, memang ini yang di permasalahkan para blogger sekarang. sulit untuk menembus peringkat pertama. saya juga merasakan hal demikian. Untuk itu solusi yang paling saya sarankan untuk anda, gunakan nama domain Brandable domain .Yaitu nama domain seperti kata kunci. Misalnya www.jasa-artikel-seo.com

5.Jangan menggunakan Trademark

Trademark merupakan pembuatan nama domain yang memanfaatkan Brand perusahaan maupun Brand yang sudah terkenal di Internet yang digunakan secara Ilegal tanpa ijin sama sekali dari pihak yang bersangkutan. Misalnya saja karena banyak orang yang melakukan pencarian di Google anda menggunakan nama domain seperti simbahgoogle.com dan lain sebagainya. bisa jadi Pihak Google tidak terima nama perusahaan mereka di salah gunakan dan bisa jadi anda terkena denda hingga Milyaran rupiah.

6. Tempat Beli domain

Kemudian yang keenam belilah nama domain di tempat yang sudah di percaya banyak klienr, sering kita menemukan tempat pembelian domain namun hanya bertahan beberapa bulan, biasanya server dowan atau terkena suspend. Ini begitu merugikan ketika situs sudah mulai merambah dengan baik. jadi pikirkan 2 kali lagi dimana anda akan perkir domain anda nantinya. saya lebih menyarankan ke rumahweb.com atau ke namecheap.com.

7. Pilih Ekstensi sesuai dengan Seleramu ( COM, NET, cclTD )

Banyak ektensi yang bisa kalian gunakan untuk custom subdomain blog kamu, lebih baik gunakan yang biasa digunakan orang-orang seperti com, net, ID karena sudah populer dan terjamin juga untuk kualitasnya. kalau Blog kamu ingin di lihat hanya di lokal INDONESIA kamu bisa menggunakan ID. Namun jika internasional kamu bisa menggunakan COM.
Beberapa Ekstensi Domain dari beberapa Negara :

ID : INDONESIA
US : AUTRALIA
ES : SPANYOL
IN : INDIA
JP : JEPANG

Nah itulah beberapa Pemilihan nama domain yang mungkin bisa kalian jadikan referensi. terimakasih sudah berkunjung. Blog ini menerima Request Artikel mengenai Blogging dan bisnis online. silahkan hubungi saya. terimakasih.



Tag : Blogging
2 Komentar untuk "7 Cara Memilih Domain Yang SEO Di Mesin Pencari Google"

Wah makasih tipsnya mas ane jadi tahu miliih domain yang seo...

Back To Top